Industri Asuransi Masih Berkutat di Wilayah Urban

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Ilustrasi asuransi.
Ilustrasi asuransi. (sumber: freedigitalphotos/Grant Cochrane)
Penetrasi asuransi Indonesia masih terbatas.

Industri asuransi Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah besar untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Menurut Pimpinan Redaksi Majalah Investor, Primus Dorimulu, tantangan terbesar adalah Financial Inclusion. 

Menurutnya, dunia asuransi di Tanah Air tengah mengalami masa keselarasan peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dan otoritas jasa Keuangan (OJK).

“Pengawasan baru di bawah OJK dalam proses transisi membutuhkan pemikiran yang mendalam,” katanya dalam acara Investor Award, The Best Insurance Companies 2012 di Jakarta, hari ini.

Di sisi lain, penetrasi asuransi Indonesia masih terbatas. Perbandingan antara premi asuransi individu terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) baru sekitar 1,8 persen. Sementara dari faktor eksternal adalah ketidakpastian penyelesaian krisis global.

Kepala Biro Perasuransian Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Isa Rachmatarwata mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar Financial Inclusion dapat terlaksana di Indonesia yaitu produk dan distribusi, awareness dan consumer protection.

Isa mengatakan, selama ini pelaku bisnis asuransi masih terkonsentrasi di kota-kota besar saja. Seharusnya asuransi bisa menjangkau orang yang pendapatannya dibawah.

Menurut Isa, pelaku bisnis asuransi harus mengukur tingkat penetrasi dengan cara konvensional yakni menghitung jumlah polis yang dimiliki orang-orang di Indonesia. "Dunia asuransi Indonesia membutuhkan terobosan-terobosan baru," kata dia.


 

 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.