ICW : Awas Manipulasi Suara Pilkada DKI

Senin, Juli 09, 2012 0 Comments

Surat suara Pilkada DKI saat disortir beberapa hari lalu
(ANTARA/Fanny Octavianus)
 
Indonesia Corruption Watch (ICW) mengingatkan kemungkinan manipulasi suara dalam Pilkada DKI Jakarta pada 11 Juli.

"Perlu dikritisi mengenai tabulasi perhitungan suara.Panwaslu harus punya rekap tandingan atas rekap perhitungan itu untuk mencegah penyimpangan suara," kata peneliti ICW bidang politik, Abdullah Dahlan, kepada ANTARANews.com, Senin.

Menurut dia, Panwaslu harus mencermati proses demi proses pelaksanaan Pilkada, seperti pengisian dokumen suara harus disaksikan dan didokumentasikan secara jelas.

Selain itu, pergerakan surat suara dari tiap TPS hingga ke KPUD harus diawasi. 

"Karena pergerakan itu rentan terjadi penyelewengan bila tidak diawasi dengan ketat," kata Abdullah Dahlan


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.