Hidayat: Perhatian Pemprov DKI pada Lansia Minim

Senin, Juli 02, 2012 0 Comments



Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PKS, Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini.
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PKS, Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini. (sumber: Antara)
"Tidak selayaknya warga lansia mendapat perhatian yang sangat minim dengan anggaran hanya untuk di panti Jompo padahal Jakarta memiliki APBD yang sangat besar. Sementara masih banyak Lansia yang tidak tinggal di panti yang butuh perhatian."

Calon Gubernur DKI Jakarta dari PKS, Hidayat Nurwahid menilai, perhatian pemprov setempat terhadap warga manula/lansia di Jakarta masih sangat minim. Pasalnya, Pemprov DKI cuma mengalokasikan anggaran yang sangat bagipanti Werda.

Meski telah dianggarkan, kondisi panti-panti tersebut tetap masih memprihatinkan, seperti sarana-prasarana yang tidak layak. Pun dengan kualitas gizi dari makanan yang diberikan kepada penghuni panti.

"Tidak selayaknya warga lansia mendapat perhatian yang sangat minim dengan anggaran hanya untuk di panti Jompo padahal Jakarta memiliki APBD yang sangat besar. Sementara masih banyak Lansia yang tidak tinggal di panti yang butuh perhatian," ujar Hidayat.

Mantan ketua MPR tersebut menyatakan, jika diberikan kepercayaan oleh warga Jakarta untuk menjadi gubernur, dirinya akan menjadikan Lansia sebagai 'Warga Kehormatan Kota' yang ditunjukkan dengan 'Senior Citizen Card' yang akan diberikan bagi para manula dengan usia diatas 65 tahun.

Dengan kartu tersebut para lansia ini akan mendapat prioritas pelayanan di berbagai pelayanan publik yang dikelola pemerintah maupun swasta.

Kartu tersebut juga akan menjadi kartu diskon bagi para lansia untuk berbagai jasa pelayanan dan pembelian barang melalui kerjasama dengan berbagai pihak sebagai bentuk kepedulian dan penghormatan kepada para Lansia.

"Kartu tersebut membuat pendataan terhadap para Lansia juga akan lebih baik dan lebih diketahui kondisi kehidupan mereka saat ini dalam rangka perbaikan," jelasnya.

Hidayat juga memastikan akan meningkatkan anggaran dan program bagi para Lansia yang saat ini masih terkesan 'seadanya saja'. Peningkatan anggaran dan program ini untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia tersebut sehingga mereka tetap produktif dan memberikan inspirasi bagi para generasi muda.

"Program tersebut diantaranya pemeliharan kesehatan dan gizi bagi para lansia, tidak hanya yang di panti, peningkatan sarana dan parasarana serta pelayanan di panti Werdha dan menambah panti Werdha, serta berbagai program dan kegiatan untuk menggembirakan dan membuat para Lansia lebih sehat dan berbahagia di hari tua mengingat mereka sudah banyak berbuat kebaikan pada masa mudanya," kata Hidayat.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.