Gubernur Yogyakarta Tidak Dipilih

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Sultan Hamengkubuwono
Sultan Hamengkubuwono (sumber: Jakarta Globe)
Karena keistimewaan Yogyakarta,  maka Sultan Hamengkubuwono dan Paku Alam yang bertahta tidak ada pemilihan.

Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya menyetujui Undang-Undang Keistimewaan Daerah Indonesia Yogyakarta (DIY), gubernur Yogyakarta ditetapkan bukan dipilih melalui pemilihan kepala daerah (pilkada). 

Poin penetapan atau pemilihan merupakan poin penting yang menjadi perdebatan dalam undang-undang tersebut.

"Penetapan sudah tidak ada masalah justru karena keistimewaan maka Sultan Hamengkubuwono dan Paku Alam yang bertahta dan tidak akan ada pemilihan," kata Ketua Komisi X, Agun Gunandjar Sudarsa di Parlemen usai rapat dengan Dirjen Otonomi Daerah (Otda), Kamis (5/7).

Meski Rancangan Undang-Undang (RUU) Keistimewaan DIY kata dia tidak bisa dirampungkan dalam masa sidang ini, namun sudah tidak ada substansi yang harus diperdebatkan. Hanya kata Agun, administrasi untuk mengundangkan RUU ini membutuhkan waktu paling tidak 35 hari.

Kata dia, meskipun gubernur Yogyakarta tidak dipilih, ada substansi yang lebih maju. Yakni, baik Sultan maupun Paku Alam sebagai calon gubernur dan wakil gubernur harus memenuhi syarat-syarat administrasi.

"Yang juga sangat maju syarat untuk menjadi gubernur sama dengan persyaratan dengan gubernur di propinsi-propinsi lain," kata dia lagi.

Sebelumnya dalam rapat yang sama, Dirjen Otda, Djohermansyah Djohan menyampaikan prinsip-prinsip pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur. Yaitu, Hamengkubuwono bertahta menjadi calon gubernur, Paku Alam calon wakil gubenur.

"Tidak ada selain itu menjadi calon, yang enggak bertahta pun Hamengkubuwono atau Paku Alam enggak bisa," kata Djohermansyah.

Selanjutnya, jika Hamengkubuwonodan Paku Alam bertahta maka harus bersedia memenuhi syarat. DPRD melakukan verifikasi persyaratan yang mana persyaratan diambil dari Undang-Undang Pemda, dan sebagian dimasukkan dalam RUUK DIY.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.