Google Untung Besar dari Iklan Online

Selasa, Juli 24, 2012 , 0 Comments

Google (istimewa)
Google akan meraih satu dari 10 dolar AS belanja iklan tahun ini di Amerika Serikat ketika total pasar mencapai 169,5 miliar dolar AS.

Google melaporkan lonjakan keuntungan kuartal sebesar 2,79 miliar dolar AS, pada Kamis,  seiring dengan peningkatan pendapatan iklan dalam jaringan (online), melampaui perkiraan Wall Street.

Keuntungan perusahaan yang berbasis di California itu tumbuh 11 persen pada periode kuartal yang berakhir 30 Juni ketika pendapatan konsolidasi menanjak 35 persen menjadi 12,21 miliar dibanding kuartal fiskal yang sama 2011.

"Google satu-satunya (perusahaan) yang mempunyai kekuatan pertumbuhan pendapatan sebesar 21 persen, dan kami meluncurkan sejumlah produk-produk menarik baru...khususnya tablet Nexus 7, yang mendapat sambutan hangat dari tinjauan produk (review)," kata Pemimpin Google, Larry Page seperti dikutip AFP..

"Kuartal ini juga spesial karena Motorola menjadi bagian dari keluarga Google dan kami gembira mengenai potensi untuk memproduksi perangkat bagus bagi para pengguna," lanjut Page.

Harga saham Google meningkat menjadi 610,45 dolar AS per saham dalam beberapa jam pembukaan bursa yang diikuti peningkatan angka pendapatan.

Perusahaan mesin pencari dalam jaringan itu telah menyatakan secara publik keinginannya untuk mengakuisisi Motorola Mobility untuk menjaga otonomi dalam pertarungan pasar ponsel pintar.

Google mengakuisisi Motorola Mobility dengan nilai 12,9 miliar dolar AS pada Mei sebagai manufaktur ponsel pintar dan perangkat lain yang menjadikan Google mampu bertarung melawan Apple.

Perusahaan Page itu juga meraih 17 ribu paten dari akuisisi Motorola Mobility sehingga menguatkan portofolio patennya dalam pertarungan pasar ponsel pintar dan tablet.

Motorola Mobility didirikan pada 2011 ketika sang perusahaan induk, Motorola Incorporated, membagi perusahaan dalam dua entitas: unit perangkat produk telekomunikasi genggam (mobile), dan divisi layanan keamanan pemerintah dan publik yang dikenal sebagai Motorola Solutions.

"Kami sangat gembira akan kesempatan yang kami punya di Motorola," Kepala Keuangan Google, Patrick Pichette, mengatakan dalam pertemuan pengumuman keuntungan perusahaan.

Page tidak ambil bagian dalam pertemuan rutin itu. Sejumlah pemimpin Google mengatakan Page masih menjalani penyembuhan dari gangguan kesehatan tenggorokan yang menyebabkannya tidak dapat berbicara.

Pelacak industri eMarketer menyebut pangsa pasar Google akan tumbuh hingga 77,9 persen tahun ini terpaut selisih dari tiga kuartal tahun lalu.

Sebagai perbandingan, pasar yang diraih mesin pencari Bing diperkirakan tidak berubah pada tujuh persen.

Google akan meraih satu dari 10 dolar AS belanja iklan tahun ini di Amerika Serikat ketika total pasar mencapai 169,5 miliar dolar AS, menurut eMarketer.

Google juga mendominasi pasar periklanan dalam jaringan bergerak (mobile) di AS, yang dilihat sebagai sumber pendapatan lain perusahaan berbasis Internet itu.

Belanja iklan dalam jaringan bergerak di AS diperkirakan meningkat 80 persen pada 2012 menjadi 2,61 miliar dolar AS dengan pangsa pasar Google mendekati 52 persen, menurut eMarketer.



Redaktur: Gerry Daulan
Sumber: antara


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.