Gerbong Kereta Ekonomi Pakai AC

Minggu, Juli 01, 2012 0 Comments



Ilustrasi kereta api
Ilustrasi kereta api (sumber: The Jakarta Globe)
Harga tiketnya lebih murah dari kereta kelas Ekonomi AC

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta sedang berusaha memasang pendingin ruangan di enam gerbong kereta api kelas ekonomi untuk angkutan Lebaran mendatang. "Jika berhasil, gerbong AC kereta ekonomi ini akan digunakan untuk angkutan Lebaran," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (PTKAI) Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, hari ini. 

Ikhtiar ini merupakan inisiatif Daop VI -- seluruh dananya berasal dari Daop VI Yogyakarta. Menurut Eko, kini sudah ada satu gerbong yang berhasil dipasang AC dan telah diuji coba untuk rute Yogyakarta - Surabaya. Kondisi AC ini berfungsi baik dan mampu mendinginkan ruangan dalam gerbong ekonomi yang berisi 104 tempat duduk tersebut. 

Tiket gerbong ekonomi AC ini rencananya dijual lebih murah ketimbang kereta kelas Ekonomi AC, seperti Gajah Wong atau Bogowonto. "Untuk tujuan Jakarta, harga tiketnya sekitar Rp 80.000 karena jumlah kursinya 104, sedangkan Gajah Wong atau Bogowonto, hanya 80 tempat duduk sehingga lebih mahal," kata Eko. 

Gerbong AC ini akan ditambahkan pada kereta ekonomi yang sudah ada. Menurut Eko saat ini rangkaian kereta api ekonomi hanya membawa enam gerbong, padahal lokomotif mampu menarik 12 gerbong, sehingga tambahan gerbong ber-AC masih sesuai dengan kemampuan lokomotif. 

Musim Lebaran 2012, Daop VI tidak akan menambah jumlah kereta api kelas ekonomi, sehingga yang akan melayani penumpang sama seperti hari biasa yaitu Progo, Bengawan dan Sri Tanjung. 
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.