Forum Pemred Ingin Independen

Rabu, Juli 18, 2012 0 Comments

Perwakilan tujuh media massa diterima pimpinan MPR | Republika/Yogi Ardhi
Bila ada salah satu pemimpin redaksi yang kedaulatan dan independensinya diganggu oleh kepentingan di luar keredaksian, Forum Pemred akan memberikan perlindungan.


Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) se-Indonesia yang dideklarasikan di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, ingin menjadi organisasi yang independen, sehingga akan menolak dana dari partai, APBN dan APBD. "Sebagai bentuk independensi, kami mengharamkan dana dari calon yang maju dalam pilkada, pilpres, maupun dari APBN dan APBD," kata Ketua Forum Pemred se-Indonesia Wahyu Muryadi di Jakarta, Rabu (18/7).

Untuk pendanaan awal forum tersebut, para deklarator yang terdiri atas 50 pemimpin redaksi sepakat untuk menghimpun dana pribadi Rp12 juta perorang yang dapat diangsur selama setahun. Untuk penyelenggaraan kegiatan Forum Pemred selanjutnya, kata Wahyu, mereka akan menghimpun dana melalui cara-cara yang bermartabat dan tidak merendahkan pers Indonesia.

"Belum lama ini kami main ketoprak bersama Yayasan Adi Budaya tanpa dibayar. Bahkan kami menyumbang Rp 50 juta untuk pengembangan budaya Indonesia," katanya. 

Tak hanya ingin independen secara finansial, Forum Pemred juga ingin bebas dari kepentingan politik pemilik modal sebagai bentuk kedaulatan redaksi di media massa. Karena itu, bila ada salah satu pemimpin redaksi yang kedaulatan dan independensinya diganggu oleh kepentingan di luar keredaksian, Forum Pemred akan memberikan perlindungan.


Penulis: Gurun Ismalia | Sumber: Republika

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.