Faisal Basri Tak Khawatirkan Hasil Survei

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Faisal Bari dan Biem Benjamin, saat jumpa pers rencana penyerahan dukungan warga ke KPUD DKI sebagai syarat bagi calon pasangan independen, di kawasan Tebet, Jakarta.FOTO : Joanito De Saojoao/SUARA PEMBARUAN
Faisal Bari dan Biem Benjamin, saat jumpa pers rencana penyerahan dukungan warga ke KPUD DKI sebagai syarat bagi calon pasangan independen, di kawasan Tebet, Jakarta.FOTO : Joanito De Saojoao/SUARA PEMBARUAN
Survei yang dilakukan LP3ES melalui telepon itu, menempatkan Faisal-Biem di posisi kelima.
   
Calon gubernur (cagub) DKI Jakarta dari jalur independen, Faisal Basri, menyatakan dirinya tidak khawatir dengan hasil riset dan survei yang tidak mengunggulkannya dalam pilkada Jakarta.
 
"Kita jalan terus, nggak terlalu khawatir karena sampling market di Jakarta agak beda, yang jelas kita kerja aja dulu," katanya usai menandatangani Prasasti Jakarta Bagus, di Teater Kecil TIM Jakarta, Rabu (4/7).
 
Menurut Faisal, beberapa hasil survei yang dilakukan justru berantakan, jika dihadapkan dengan wilayah yang calon independennya kuat, seperti Aceh dan Kupang. 

"Kita sudah punya rencana sendiri tentang bagaimana menerapkan strategi pemenangan, jadi tidak terpengaruh dengan survei apa pun," katanya yang berpasangan dengan calon wakil gubernur (cawagub), Biem Benyamin itu. 

Faisal juga mengatakan, kinerja lembaga survei sendiri tidak bisa dipukul rata, karena ada perbedaan jumlah sampel, target yang disurvei, serta tujuan survei sendiri. 

Seharusnya, kata dia, pihak yang melakukan survei atau polling menjelaskan dengan rinci data serta metode surveinya, sehingga tidak serta merta percaya terhadap satu survei tertentu. 

Masyarakat yang mulai melek politik, diharapkan mampu membaca hasil survei dengan mata yang lebih terbuka. 

Berdasarkan publikasi hasil survei LP3ES, Selasa (3/7), pasangan petahana ("incumbent") Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli diprediksi akan melaju ke putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, bersama dengan pasangan Joko Widodo-Basuki T Purnama (Ahok). 

Survei yang dilakukan melalui telepon itu, menempatkan Faisal-Biem di posisi kelima, di atas pasangan independen lainnya Hendardji-Riza.  

LP3ES menyebutkan, tingkat kepercayaan survei tersebut 95 persen, dengan persentase kesalahan 3,8 persen, namun tidak dijelaskan berapa jumlah sampel yang disurvei. 

Masa kampanye Pilkada DKI 2012 akan berlangsung hingga 7 Juli mendatang, dengan enam pasang calon gubernur-calon wakil gubernur akan bertarung dalam merebut simpati dari sekitar 6,9 juta pemilih yang tersebar di 15.059 TPS pada enam wilayah DKI Jakarta. 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.