Dukung Seni Budaya, BCA Kemas Tayangan World of Wayang

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Wayang kulit.
Wayang kulit. (sumber: Suara Pembaruan)
Program  tersebut juga merupakan bagian dan kegiatan sosial Bakti BCA atau  tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengemas dukungan terhadap perkembangan seni dan budaya melalui program "BCA untuk Wayang Indonesia". 

Perseroan bekerja sama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi)  dalam tayangan edukasi berseri berjudul World of Wayang (WOW).
 
"Wayang banyak digunakan sebagai sarana sosialisasi dan edukasi kepada  masyarakat. Kita wajib melestarikan wayang sebagai budaya Indonesia,"  kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam jumpa pers di Kantor  Pusat BCA, Jakarta, hari ini.
 
Menurut Jahja, tayangan WOW merupakan salah satu sarana untuk mengenalkan kembali wayang yang belakangan ini semakin mengalami kemunduran. Jika tidak dilestarikan, terdapat kekhawatiran putusnya usaha transformasi budaya dari generasi masa lalu ke generasi masa  depan.
 
Padahal, tanggal 7 November 2003 yang lalu, UNESCO telah memberikan pengakuan kepada wayang kulit sebagai World Master of Oral and  Intangible Heritage of Humanity.
 
"Masyarakat modern cenderung lebih menyukai seni kontemporer dan  menganggap seni wayang kulit adalah kesenian kuno yang hanya layak dikonsumsi para orang tua," ujar Jahja.
 
Ketua Umum Pepadi Ekotjipto mengatakan, banyak orang Indonesia yang masih belum mengetahui banyak jenis wayang lain selain wayang kulit dan  wayang golek, misalnya wayang dari Bali, Lombok, bahkan Palembang.
 
"Pada 5-7 Juli 2012 akan diadakan Festival Dalang Bocah seluruh Indonesia di Museum Bank Indonesia. Pesertanya yaitu 21 anak-anak berumur 8-15 tahun. Rencananya akan dihadiri Wakil Presiden Boediono," ungkap Ekotjipto.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.