DMI: Masjid Harus Bisa Jadi Solusi Umat

Selasa, Juli 03, 2012 0 Comments



Bagian Dalam Masjid
Bagian Dalam Masjid (sumber: beritasatu/Farouk Arnaz)
Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatra Barat menilai manajemen masjid di daerah perlu diperbaiki.

Hal ini agar kehadiran masjid sebagai rumah ibadah dan pusat kegiatan umat Islam menjadi lebih optimal.

"Saat ini penggunaan masjid masih sebatas untuk salat dan peringatan hari besar Islam. Padahal masjid punya potensi luar biasa dalam menyelesaikan berbagai persoalan kemasyarakatan seperti pada zaman Rasulullah," kata Ketua DMI Sumbar Yulius Said di Padang, Sumatra Barat, Senin (2/7).

Menurut dia, salah satu penyebab belum optimalnya pemanfaatan masjid adalah karena manajemen pengurus yang belum dikelola dengan baik dan efektif.

Yulius menambahkan, masalah ini disebabkan beragamnya latar belakang pendidikan dan status sosial ekonomi para pengurus masjid, sehingga ada yang pengelolaanya sudah bagus dan ada juga yang belum maksimal.

Upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas penyelengara masjid, menurut dia, dapat dilakukan melalui pelatihan manajemen masjid secara rutin dan berkelanjutan.

Kemudian, pengurus masjid jangan hanya berpikir bagaimana bangunannya megah dan luas, namun harus menyiapkan kegiatan yang dapat meramaikannya sepanjang waktu, tidak hanya pada bulan Ramadhan.

Menurut dia, meramaikan masjid dengan berbagai aktivitas jauh lebih penting ketimbang memperindah bangunan fisik.

Apalagi jika dikelola dengan baik, selain akan menghidupkan syiar Islam, juga dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan umat seperti pengangguran, kemiskinan, pendidikan, pembentukan akhlak dan lainnya.

DMI Sumbar dijadwalkan akan menggelar musyawarah wilayah (muswil) ke-8 guna memilih kepengurusan baru periode 2012-2017 pada 3-5 Juli 2012.
Sumber:Antara
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.