Diplomasi Kuliner ala Hillary Clinton

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Hasan Siyam, koki di Kedutaan Besar Turki, tengah menyiapkan hidangan pai apel dalam perayaan kemerdekaan Amerika Serikat.
Hasan Siyam, koki di Kedutaan Besar Turki, tengah menyiapkan hidangan pai apel dalam perayaan kemerdekaan Amerika Serikat. (sumber: nytimes)
Jamuan makan untuk kepala negara dan pejabat asing lainnya, sekarang digunakan sebagai kesempatan untuk menampilkan ciri khas masakan Amerika.

Saat menduduki posisi sebagai ibu negara, Hillary Rodham Clinton menaruh minat yang cukup intens dalam hidangan yang disajikan Gedung Putih. 

Dirinya diketahui mengganti daftar makanan tradisional Perancis dengan gaya masakan Amerika kontemporer yang disiapkan oleh koki Amerika.

Sekarang, sebagai menteri luar negeri, Clinton kembali membawa perubahan di dapur kementrian yang dipimpinnya. 

Dalam tiga setengah tahun dirinya bekerja di Departemen Luar Negeri, ia telah mengubah pilihan makanan yang akan dimasak dan disajikan oleh pasukan diplomatik Amerika Serikat dan mneyatakan bahwa makanan merupakan bagian dari diplomasi yang cerdas. 

Jamuan makan untuk kepala negara dan pejabat asing lainnya, sekarang digunakan sebagai kesempatan untuk menampilkan ciri khas masakan Amerika, terutama dalam hal penggunaan bahan lokal dan menunjukkan kefasihan tradisi kuliner negara adidaya itu. 

Departemen ini sekarang memiliki seorang koki eksekutif, dan secara teratur mengundang koki selebriti untuk ikut menyajikan masakan. 

"Menampilkan masakan favorit, merupakan alat yang sering diabaikan dalam diplomasi," tulis Clinton dalam merespon e-mail pertanyaan yang diajukan wartawan. 

"Makanan yang saya bagi dengan rekan-rekan saya di kantor, rumah dan di luar negeri menumbuhkan pemahaman budaya yang lebih kuat antara negara dan memberikan suasana unik untuk meningkatkan diplomasi formal," tambahnya. 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.