Dimulai, Pendistribusian E-KTP di Bekasi

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Seorang petugas menunjukkan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) milik warga di Kecamatan Jetis, Yogyakarta, Jumat (29/6). Sejumlah kecamatan di Kota Yogyakarta mulai mendistribusikan e-KTP sebanyak 263.000 kepada warga Kota Yogyakarta sejak hari Senin (22/6) lalu.
Seorang petugas menunjukkan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) milik warga di Kecamatan Jetis, Yogyakarta, Jumat (29/6). Sejumlah kecamatan di Kota Yogyakarta mulai mendistribusikan e-KTP sebanyak 263.000 kepada warga Kota Yogyakarta sejak hari Senin (22/6) lalu. (sumber: Antarafoto)
E-KTP memiliki ukuran dan bahan pembuatan yang sama dengan KTP konvensional.

Kemendagri mulai mendistribusikan KTP elektronik penduduk Kota Bekasi, Jawa Barat, di seluruh kecamatan setempat.

"Pendistribusian kartunya sudah berlangsung sejak sepekan lalu ke-12 kecamatan," ujar Pejabat Pelaksana Harian Kepala Bidang Pendataan dan Informasi Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi Yuyu Mulyati di Bekasi, hari ini.

Menurut dia, ciri fisik dari kartu tersebut memiliki bahan pembuatan dan ukuran yang sama dengan KTP konvensional. Namun, yang membedakannya hanya pada chip berupa lempengan logam kuningan di bagian depan.

"Secara fisik bentuknya sama saja dengan KTP lama. Tapi kartu KTP elektronik ini memuat seluruh identitas pemiliknya, seperti sidik jari, retina mata dan lainnya yang disimpan dalam chip," katanya.

Menurut dia, pendistribusian tahap awal ini hanya bagi masyarakat yang telah merekam datanya per 2011. Sedangkan bagi masyarakat yang terlambat dari jadwal tersebut akan didistribusikan pada tahapan berikutnya.

Proses pengambilan e-KTP oleh masyarakat diprediksikan mulai berjalan pada pekan depan di kantor kecamatan masing-masing. Hingga kini petugas kecamatan masih mempraktikan sistem pembagian kartunya.

Pengambilan kartu, kata dia, akan didahului dengan surat undangan dari kecamatan setempat.

"Setiap masyarakat yang akan mengambil KTP elektronik diwajibkan membawa foto kopi kartu keluarga dan KTP asli," ujarnya.

Kartu KTP elektronik yang akan diambil, kata dia, terlebih dahulu akan dites menggunakan mesin pembaca kartu. Mesin itu akan kembali memverifikasi sidik jari pemiliknya untuk mencocokan data.

"Nantinya, saat KTP elektronik akan diambil, petugas akan mengecek kesamaan sidik jari pemiliknya. Bila tiga kali dicoba tidak cocok, maka kartunya akan hangus," katanya.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.