Banwaslu Hadang Calon Gubernur Jakarta di Srengseng

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Calon Gubernur DKI Jakarta dari PKS, Hidayat Nur Wahid.
Calon Gubernur DKI Jakarta dari PKS, Hidayat Nur Wahid. (sumber: Suara Pembaruan)
Polisi mengamankan Lukman yang melarang Hidayat masuk ke hutan kota di Jakarta Barat.

Calon Gubernur DKI Jakarta Hidayat Nur Wahid mendapat larangan dari seorang Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Provinsi DKI Jakarta saat mengunjungi Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat. 

Anggota Banwaslu Lukman Husain yang ditemani rekannya menghadang rombongan Hidayat di pintu gerbang hutan kota tersebut.

Keributan pun tak bisa dielakkan karena Lukman bersikeras melarang calon gubernur nomor urut empat itu masuk kawasan hutan kota.

"Bapak tidak bisa menggunakan fasilitas pemerintah untuk kampanye. Ini kan punya pemerintah," kata Lukman, Kamis (5/7).

Menanggapi pernyataan tersebut Hidayat kemudian mengklarifikasi bahwa kedatangannya ke Hutan Kota bukan untuk kampanye, namun ingin meninjau langsung kondisi hutan kota di Jalan Haji Kelik Kembangan, Jakarta Barat.

"Pak, kampanye itu jika sepasang calon hadir bersamaan dan menyampaikan visi misi. Ini saya datang sendirian, dan tidak untuk menyampaikan visi-misi," jelas Hidayat.

Meskipun Hidayat sudah menjelaskan panjang lebar, Lukman tidak menghiraukan penjelasan mantan Ketua MPR RI itu. Hal itu pun mengundang emosi warga setempat dan pendukung Hidayat. Salah relawan Erwin yang juga warga setempat itu emosi dengan ulah anggota Banwasu itu.

"Banwaslu harusnya netral. Tidak berhak melarang siapa pun untuk melakukan apa pun. Tugasnya hanya mengawasi," Kata Erwin.

Kericuhan pun tidak terhindarkan pada kesempatan itu, aparat kepolisian melerai kejadian tersebut dan mengamankan Lukman yang bersikeras melarang rombongan Hidayat untuk masuk.

Meskipun Lukman menunjukkan tanda pengenalnya sebagai Anggota Banwaslu, semua pihak di sana meragukannya lantaran tindakannya tersebut.

Hidayat menyayangkan kejadian itu, menurutnya, seharusnya Lukman berkoordinasi lebih dahulu dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) maupun Panwaslu setempat, seharusnya ada komunikasi juga dengan panitia terkait agendanya ke Hutan Kota tersebut apa saja.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Panwaslu Jakarta Barat, mereka mengizinkan. Karena saya ke sini sendirian, tidak didampingi Pak Didik. Saya kesini juga bukan untuk menyampaikan visi misi saya," kata Hidayat saat jumpa pers.

Hidayat pun berkeliling Hutan Kota Srengseng bersama beberapa pengawalnya meninjau lokasi tersebut cukup lama.

Tidak ada aktifitas apa pun selain mengitari hutan tersebut kemudian melanjutkan aktivitasnya ke Kali Deres Jakarta Barat untuk berkampanye.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.