Belanja Barang Bagus Ternyata Baik Untuk Harga Diri

Senin, Juli 09, 2012 0 Comments

Ilustrasi tawaran belanja
(ANTARA/ Muhammad Ryan Wibowo)
 
Sebuah studi menunjukkan bahwa membeli barang-barang yang menarik berpengaruh terhadap harga diri seseorang.

Membeli barang-barang yang menarik meningkatkan penghargaan konsumen terhadap dirinya sendiri dan membuka pikiran mereka terhadap pilihan-pilihan dan sudut pandang lain.
 
Penelitian yang dilakukan Claudia Townsend, asisten profesor bidang pemasaran di University of Miami School of Business dan Sanjay Sood of UCLA mempelajari perilaku konsumen setelah membeli dua jenis lampu. 

Konsumen yang membeli lampu berestetika mengalami peningkatan dalam penghargaan terhadap dirinya sendiri ketimbang mereka yang membeli lampu yang fungsional. 

Konsumen yang membeli lampu menarik, juga lebih terbuka terhadap pendapat lain, termasuk pendapat  yang bilang mereka keliru beli barang. 

Sikap ini  dipengaruhi oleh peningkatan harga diri yang timbul usai berbelanja, menurut para peneliti.

"Ekonom dan psikolog perilaku telah lama mengetahui bahwa orang bersikap 'membuang-buang uang' atau 'lanjutkan',  mereka terus berinvestasi meski investasi awalnya tidak memberi  hasil sesuai harapan," kata Townsend.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa membeli barang-barang yang menarik dapat menyebabkan seseorang merasa lebih baik tentang diri mereka dan 'efek afirmasi' ini secara mental membebaskan diri mereka untuk mengakui keselahan. Hasilnya, mereka tidak lagi harus membela investasi awal mereka yang buruk dan secara konsekuen membuat keputusan yang lebih baik."

Hasil penelitian ini akan dimuat pada Journal of Consumer Research edisi Agustus mendatang.


Sumber

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.