Bahayanya Berolahraga dengan Perut Kosong

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Ilustrasi
Ilustrasi (sumber: Metro)
Asumsi bahwa kalori yang terbakar akan lebih banyak saat berolahraga dengan perut kosong adalah salah. 

Asumsi atau teori yang mengira berolahraga dengan perut kosong akan membuat tubuh membakar lemak-lemak yang membandel sejak lama dan akan mengubahnya menjadi energi adalah salah dan justru bisa berbahaya bagi orang yang menjalani teori itu. 

Menurut sebuah laporan di jurnal kesehatan di Amerika Serikat, tubuh akan membakar kalori dalam jumlah yang sama dalam tubuh (diukur dengan intensitas dan lama berolahraga yang sama), baik saat perut diisi maupun tidak sebelum olahraga.

Permasalahannya, bila seseorang berolahraga dengan perut kosong, justru bisa membuat seseorang kehilangan massa otot. 

Studi ini juga menemukan, tanpa mengisi perut sebelum berolahraga, intensitas dari olahraga dan total kalori yang dibakar akan berkurang. Jadi, berolahraga dengan perut kosong tak hanya akan membuat pelakunya kelelahan, tetapi juga massa otot yang berkurang, dan tanpa energi untuk membakar lemak lebih banyak. 

Studi menemukan, saat orang berolahraga dengan perut kosong, sekitar 10 persen kalori yang dibakar tubuh adalah dari protein, termasuk dari otot. 

Di penelitian sebelumnya diketahui, makan ringan sebelum olahraga akan membantu banyak. Mengkonsumsi sekitar 45 gram karbohidrat sebelum berolahraga diketahui merasa lebih lama kenyang dan tak banyak makan setelahnya. 

Para ahli menyarankan untuk mengisi perut sebelum berolahraga, cukup yang ringan, seperti oat ataumilkshake sebelum berolahraga. 
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.