Ahok: Honor RT-RW Rp 1 Juta per Bulan

Senin, Juli 02, 2012 2 Comments




Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan wakilnya Basuki Tjahja Purnama alias Ahok (kanan). FOTO: Safir Makki/JAKARTA GLOBE
Dengan kaderisasi politik yang baik, pelayan publik seperti RT dan RW dapat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Hal itu diungkapkan oleh calon wakil gubernur yang diusung Partai Gerindra, Basuki Tjahja Purnama melihat kondisi komunikasi antara pelayan publik dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terlihat tidak harmonis.

“Kita sepakat bahwa ujung tombak yang melayani masyarakat adalah ada di tingkat kelurahan,” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki di Jakarta, Senin (2/7).

Menurut Ahok, salah satu hal yang dapat memotivasi kinerja pelayan daerah melalui Tunjangan Kinerja Daerah (TKD).

“TKD adalah salah satu yang dapat mendorong kinerja mereka menjadi lebih baik, karena kinerja mereka sebagai pelayan publik harus nyata, kita tidak bisa mengharapkan orang melayani masyarakat, sedangkan tiap hari masih mikirin mau makan apa, sekolah bagaimana, kan kacau kalau seperti itu.”

Untuk itu, Ahok mengatakan wajar apabila seharusnya pejabat setingkat RT/RW/Lurah diberikan intensif lebih. Saat ini di DKI memberikan tunjangan tambahan kepada mereka Rp 50.000. Menurut Ahok meski sudah diberi tambahan, koneksi yang terbangun tetap tidak baik.

“Kita harus mengkaji kembali soal itu, mereka juga harus diberi tambahan untuk biaya pulsa. Jadi lebih baik diberikan honor hingga Rp 1 juta,” lanjutnya.

Apabila terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, Ahok mengatakan mengaplikasikan sistem sms, di mana seluruh pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pelayan publik di tingkat bawah akan memiliki nomor pribadi dirinya dan gubernur.

Hal tersebut dimaksudkan agar dapat membangun koneksi secara langsung dan dapat melaporkan segala hal yang terjadi yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.