Agar Tak Menangis Saat Mengupas Bawang

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Ilustrasi irisan bawang merah.
Ilustrasi irisan bawang merah. (sumber: She Knows)
Kupas dan potong bawang merah di bawah air mengalir, lalu cincang di dekat api kompor gas.

Menangis saat mengupas bawang merah sering dialami oleh hampir semua orang.

Namun, tahukah Anda mengapa hal tersebut bisa terjadi? Beberapa penelitian yang dilakukan para peneliti menemukan, bahwa bawang merah mengandung enzim dan senyawa sulfur (belerang). 

Senyawa inilah yang diindikasikan menjadi penyebab mata berair saat mengupas atau mengiris bawang merah. 

Dr Gerry Russell, profesor food biochemistry dari University of California, mengatakan, saat seseorang mengupas dan mengiris bawang merah, enzim dan senyawa sulfur tersebut bereaksi dan menghasilkan gas bersifat mudah menguap. 

Gas yang menguap tersebut bereaksi dengan udara sekitar sehingga menghasilkan senyawa sulphuric acid. Saat mata kita terkena gas tersebut, mata akan teriritasi dan saraf – saraf yang ada di mata akan merangsang keluarnya air mata untuk mengurangi iritasi yang ditimbulkan oleh gas sulphuric acid tadi. 

Namun bila bawang merah telah dimasukkan ke dalam wajan atau penggorengan, maka reaksi tersebut akan terhenti. “Selama proses memasak, enzim yang menghasilkan gas-gas ini akan hancur atau tidak aktif lagi sehingga tidak membuat mata menjadi iritasi,” ujarnya.

Nah, agar mata Anda tak berair saat mengupas bawang merah, ada tips mudah yang dapat dilakukan, yaitu mengupas dan mengiris bawang di bawah air mengalir. Kemudian cincang bawang dekat api kompor gas. Selamat mencoba!
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.