Pemkab Gunung Kidul Jadikan Nglanggeran Pusat Durian

Rabu, Juli 25, 2012 0 Comments

Ilustrasi kebun durian |  FOTO ANTARA/Rahmad/ed/ama/12
Berdasarkan penelitian Universitas Gadjah Mada dan Universitas Achmad Dahlan, buah durian asli Gunung Kidul yakni warnanya oranye, kadar alkholnya rendah, tidak terlalu manis, dan kadar gulanya rendah serta baik untuk kesehatan.


Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menjadikan Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai pusat pengembangan durian.

"Di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran terdapat tanah milik Sultan atau Sultan ground (SG) seluas 20 hektare. Tahun ini, kami akan membangun kebun durian dan sekaligus menjadi pusat pariwisata," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Syarief Armunanto di Wonosari, Rabu.

Ia mengatakan, Kabupaten Gunung Kidul memiliki durian lokal yang enak dan mampu bersaing dengan durian dari daerah lain. 

Berdasarkan penelitian Universitas Gadjah Mada dan Universitas Achmad Dahlan, buah durian asli Gunung Kidul yakni warnanya oranye, kadar alkholnya rendah, tidak terlalu manis, dan kadar gulanya rendah serta baik untuk kesehatan.

"Sebagai langkah awal pengembangan kawasan durian, tahun ini kami sudah membuat telaga untuk mengairi tanah, dan pada musim hujan Dinas Perkebunan dan Kehutanan bersama masyarakat akan melakukan penanaman pohon durian," kata Syarief.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemkab Gunung Kidul akan selalu melakukan pendampingan terhadap petani selama proses penanaman hingga pemasaran. Selain itu, bagi masyarakat yang sudah memanfaatkan lahan SG tetap mendapat ganti rugi. Selain mengerjakan tanaman sendiri, masyarakat masih dibayar oleh pemerintah kabupaten.

"Model pemberdayaan masyarakatnya, pemerintah menyerahkan bibit tapi kami secara terus menerus melakukan pendampingan dan akan membantu pemasarannya," kata dia.

Ia juga mengatakan, untuk mengembangkan kawasan buah tersebut, pemerintah melakukan kerja sama dengan Yayasan Obor Tani. Yayasan ini akan memberikan tenaga ahli yang akan mendampingi petani dalam penanaman dan perawatannya.

"Kami berharap masyarakat Nglanggeran mendukung kebijakan pemerintah kabupaten karena program ini baik untuk meningkatkan kesejahteraan mereka pada masa yang akan datang," kata Syarief.



Redaktur: Wahyudi
Sumber: antara

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.