100 Persen Warga Tionghoa Pilih Jokowi-Ahok

Rabu, Juli 18, 2012 0 Comments

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok | Facebook

Tak hanya menonton, warga Jakarta beretnis Tionghoa ingin terjun langsung berpartisipasi aktif agar bisa memicu perubahan di Jakarta. 


Hasil exit poll yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada hari pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Rabu 11 Juli 2012 menunjukkan 100 persen warga Tionghoa Jakarta menjatuhkan pilihan pada pasangan Jokowi-Ahok. Hasil survei ini diambil dari 410 Tempat Pemungutan Suara.

Menurut peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanudin Muhtadi peningkatan jumlah partisipasi pemilih etnis Tionghoa dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta mengindikasikan munculnya semangat perubahan warga Tionghoa. 

Etnis Tionghoa, kata dia, ingin keluar dari bayang-bayang Orde Baru yang seolah hanya memanfaatkan mereka secara ekonomi. "Keinginan perubahan ini bertepatan dengan munculnya Ahok," kata Burhanudin Selasa 17 Juli 2012.

Tak hanya menonton, warga Jakarta beretnis Tionghoa ingin terjun langsung berpartisipasi aktif agar bisa memicu perubahan di Jakarta. Jumlah populasi penduduk Tionghoa di Jakarta cukup lumayan. Berdasarkan data Sensus Penduduk pada 2000, jumlah penduduk Tionghoa di Jakarta mencapai 460 ribu atau 5,5 persen dari total 8,3 juta penduduk Jakarta. 

Selama ini, menurut Burhanudin, warga etnis Tionghoa jarang sekali dimanfaatkan atau terjun langsung dalam ranah politik. Sistem pemerintah yang berkuasa di masa lalu "memaksa" mereka untuk fokus pada isu ekonomi. 

Simpati warga Tionghoa ini diakui Ahok. Menurut dia, donasi atau sumbangan bagi Jokowi-Ahok seringkali diterima melalui acara jamuan informal dengan pengusaha dan warga Jakarta beretnis Tionghoa. "Biasanya saat acara jamuan malam mereka memberikan donasi," kata Ahok.


Editor: Yudi Dwi Ardian | Sumber: Tempo

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.