Tidak, Spanyol Tak Protes Kurangnya Waktu Istirahat

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments



Suasana salah satu latihan timnas Spanyol.
Suasana salah satu latihan timnas Spanyol. (sumber: AFP/FIFA.com)
"Ini merupakan tantangan tersendiri bagi mereka (pemain), namun itu juga sama dirasakan tim lainnya."

Fisioterapis Spanyol, Javier Minano, menyatakan bahwa waktu ekstra yang diperoleh Portugal dalam mempersiapkan diri menuju semifinal, jelas memberikan tim lawan itu keuntungan tersendiri.

Sebagaimana diketahui, Portugal melaju ke semifinal setelah mengalahkan Republik Ceko 1-0, pada Kamis (21/6) malam lalu. Sementara Spanyol mengalahkan Prancis 2-0 di perempat final yang digelar Sabtu (23/6) malam. Keduanya akan saling berlaga pada Rabu (27/6) malam waktu setempat.

Meski begitu, Minano menggarisbawahi bahwa Spanyol tak seharusnya menggunakan jadwal pertandingan sebagai alasan (keluhan). Ia pun menekankan bahwa sebagian besar pemain (Sapnyol) di turnamen ini sudah tampil sesuai standar kemampuan yang diharapkan, kendati di kompetisi klub pun mereka sudah banyak menjalani pertandingan.

"Tidak ada keraguan bahwa hal itu (selisih jadwal) ada pengaruhnya. Tapi sementara itu, kami juga punya satu hari lebih lama ketimbang Prancis saat bersiap menuju perempat final. Maka, kami pun tidak bisa menggunakan itu (soal kurangnya jeda pertandingan) sebagai alasan," ujarnya.

"Beberapa tahun lalu mungkin tak terpikirkan bahwa seorang pemain dapat tampil (di) 5.000 menit pertandingan dalam satu musim, yang dalam hal ini dialami oleh sebagian mereka sekarang," kata Minano lagi. "Ini merupakan tantangan (tersendiri) bagi mereka, namun itu juga sama dirasakan tim lainnya. Dan kondisinya sejauh ini baik-baik saja," lanjutnya.

"Berdasarkan kondisi (perkembangan) itulah, pelatih akan memilih para pemain yang diyakininya dapal tampil terbaik," tutur Minano pula.

Masalah lain yang kini dihadapi tim Spanyol, sementara itu, adalah soal opsi apakah mereka masih akan kembali ke markas tim di Gniewino, di sebelah utara Polandia, jika misalnya berhasil melaju ke final pada 1 Juli. Di mana opsi lainnya adalah berangkat langsung menuju Kiev, kota penyelenggara final Euro 2012 di Ukraina.

Spanyol sendiri bukan satu-satunya tim yang harus banyak menjalani perjalanan cukup jauh, sejak dari babak penyisihan grup. Untungnya bagi Spanyol, menurut Minano lagi, atmosfir bagus di markas mereka sejauh ini bisa menutupi kekurangan yang didapat akibat perjalanan jauh itu.

"Suasana tenang dan fasilitas luar biasa yang kami dapatkan di sini (Gniewino) tentunya akan menjadi pertimbangan penting dalam mengambil keputusan (tentang kemungkinan ke final) itu," ujar sang fisioterapis pula.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.