Sundulan Ronaldo Bawa Portugal ke 4 Besar

Jumat, Juni 22, 2012 0 Comments



Sundulan keras Cristiano Ronaldo ke gawang Ceko.
Sundulan keras Cristiano Ronaldo ke gawang Ceko. (sumber: UEFA)
Menciptakan begitu banyak peluang sejak pertandingan dibuka, akhirnya sundulan Ronaldo memastikan hasilnya.

Pertandingan perempat final pertama Euro 2012 di Warsawa, Polandia, yang mempertemukan juara grup A, Republik Ceko, dengan Portugal selaku runner-up grup B, sedari babak pertama berjalan relatif kurang imbang. Hasilnya terbukti, Ceko pun harus tumbang di tangan Portugal.

Satu-satunya gol di pertandingan ini diciptakan oleh sang kapten tim Portugal, Cristiano Ronaldo di menit ke-79. Sementara, Ceko yang sedari awal memang terhitung sangat minim menciptakan peluang ketimbang Portugal, tak bisa membalas bahkan ketika di menit-menit injury time sempat berharap pada sepak pojok yang sampai mengundang kiper Petr Cech maju ke depan.

Entah karena Michal Bilek yang salah strategi, atau karena tak adanya Tomas Rosicky, Ceko tampak lemah malam ini. Sementara di kubu lain, Ronaldo sendiri dalam pertandingan ini memiliki banyak peluang. Dua di antaranya adalah tendangan membentur mistar gawang. Satu di babak pertama, serta satu di babak kedua (sebelum golnya tercipta) lewat sebuah tendagan bebas.

Portugal secara keseluruhan, bahkan punya lebih banyak lagi peluang di laga ini, lewat aksi-aksi mulai dari Nani, Raul Meireles, hingga Helder Postiga dan lain-lain. Sayang untuk Postiga, sang striker harus ditarik keluar pada bagian akhir babak pertama karena mengalami cedera hamstring.

Usai hasil imbang tanpa gol di babak pertama, yang sebagian di antaranya adalah faktor keberuntungan yang belum datang ke Portugal, di luar keuletan para pemain bertahan Ceko termasuk Cech dalam menahan gempuran, babak kedua berlanjut kurang lebih sama. Namun Portugal tampak lebih meningkatkan intensitas serangannya di babak ini.

Setelah sederet peluang yang tak kunjung menghasilkan gol, bahkan cenderung mulai mendatangkan frustrasi, Portugal akhirnya mendapatkan juga gol penentu yang menempatkan mereka di 4 besar Euro 2012 itu. Gol itu adalah hasil tandukan Ronaldo, sang pahlawan di laga ini, yang sebelumnya justru mungkin banyak dicela karena kegagalan beberapa peluangnya.

Gol berawal dari aksi Joao Moutinho yang berhasil mendapatkan bola dan masuk dari sisi kiri kotak penalti Ceko, tak berapa jauh di luar garis, yang kemudan mengirim sebuah umpan matang ke tengah kotak. Ronaldo yang berada di sana, dengan taktis mampu menempatkan diri di depan bek Gebre Selassie, untuk menyundul keras bola yang melambung tak terlalu tinggi itu. Sundulannya diarahkan ke tanah, yang memantul deras ke dalam gawang tanpa bisa diblok oleh Cech.

Usai gol ini, Ceko sempat beberapa kali berusaha bangkit, namun serangan mereka masih senantiasa bisa dipatahkan oleh lini belakang Portugal yang dihuni Bruno Alves, Fabio Coentrao dan lain-lain. Bahkan hingga di masa injury time Cech sempat ikut maju ke gawang Portugal demi menyambut sepak pojok pun, tak ada hasil yang didapatkan. Sementara Portugal sendiri masih memiliki beberapa peluang lain, kendati juga tak ada hasil.

Peluit akhir pun akhirnya dibunyikan wasit Howard Webb sekitar empat menit sesudah waktu normal (90+4). Skor 1-0 untuk Portugal yang segera bergembira lantaran menjadi tim pertama yang memastikan diri sebagai semifinalis Euro 2012. Calon lawan mereka nantinya? Salah satu antara Spanyol atau Prancis.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.