Studi: Kesehatan Lelaki Tergantung pada Pasangannya

Jumat, Juni 29, 2012 0 Comments



Ilustrasi
Ilustrasi (sumber: Visualphotos)
Kebiasaan pasangan yang tidak sehat membuat perempuan melakukan intervensi. 

Lelaki merupakan makhluk yang sering membutuhkan dorongan untuk menjalani gaya hidup sehat, dan pasangannya -- baik kekasih maupun istri -- memegang peran penting dalam menentukan kualitas kesehatannya.

Ini dibuktikan dari hasil penelitian terkini yang dilakukan oleh sosiolog drs Corinne Reczek dan Debra Umberson. Penelitian yang dilakukan terhadap 20 pasangan di Amerika Serikat itu menunjukkan, bahwa perempuan memegang peran utama sebagai penasehat kesehatan bagi suaminya.  

Kedua sosiolog tersebut berteori, bahwa sosialisasi peran istri sebagai pengurus rumah tangga pada usia dini memiliki manfaat kesehatan yang signifikan untuk suaminya.

Penelitian yang disebut "kesehatan kerja" menunjukkan, bagaimana perhatian seorang perempuan untuk meningkatkan kesehatan pasangannya. Dalam studi tersebut, pasangan yang telah menikah selama minimal 8 tahun atau lebih, diwawancarai secara mendalam.

Hasil penelitian menemukan, bahwa istri yang membuat beberapa upaya untuk "kesehatan kerja", karena didasarkan pada dua alasan: suami yang memiliki kebiasaan buruk atau salah satu pasangan dianggap sebagai penasehat kesehatan.

Dalam studi tersebut, hampir semua responden juga menyalahkan kebiasaan pasangannya yang tidak sehat sebagai alasan istri melakukan intervensi terhadapnya. 

Para peneliti juga mengungkapkan, bahwa hampir semua responden (lelaki) mengakui perempuan secara eksklusif sebagai penasehat kesehatan bagi pasangannya.

Temuan ini menunjukkan, bahwa peran perempuan dalam rumah tangga sebagai pengasuh keluarga sekaligus penasehat kesehatan bagi suami dan anaknya yang selama ini dipahami secara budaya, memang benar adanya.  



 




Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.