Ramos Akui Penalti ala Panenka Sudah Dipersiapkan

Kamis, Juni 28, 2012 0 Comments



Pemain Spanyol, Sergio Ramos (kanan) bersama Jordi Alba.
Pemain Spanyol, Sergio Ramos (kanan) bersama Jordi Alba. (sumber: AFP/Getty)
Dulu tendangan melambungnya ikut gagalkan Real Madrid, kini ia malah sukses meniru Andrea Pirlo dan Panenka.

Bek timnas Spanyol, Sergio Ramos, mengaku bahwa eksekusi penalti ala Antonin Panenka (final Euro 1976) yang menggunakan tendangan chip, sudah ia persiapkan sebelum laga semifinal kontra Portugal yang berbuah kemenangan 4-2 bagi timnya.

Sebagaimana diketahui, dalam adu tendangan penalti setelah skor 0-0 itu, Ramos menjadi penendang keempat Spanyol sekaligus pembuat kedudukan 3-2 bagi timnya. Usai tendangannya, Portugal yang mengambil giliran lewat Bruno Alves gagal, yang lantas diikuti gol penalti penentuan oleh Cesc Fabregas, yang membawa Sapnyol ke final.

Tendangan Ramos itu sendiri bukan kali pertamanya di Euro 2012 ini. Seperti diketahui pula, di laga perempat final terakhir antara Inggris versus Italia yang juga ditentukan lewat adu penalti dan berbuah kemenangan 4-2 bagi tim Azzurri, Andrea Pirlo sudah lebih dulu melakukan chipped-penalty.

Ramos sendiri, yang masih diingat tendangan penalti melambungnya dalam semifinal Liga Champions antara Real Madrid versus Bayern Munich, sebelumnya di jagat maya kerap dicemooh dan disebut-sebut tak akan bisa sukses menendang penalti --apalagi mencontoh gaya itu. Kini, ia justru berhasil melakukannya, dan mengakui bahwa tendangan itu sudah ia persiapkan sejak sebelum laga.

"Saya sudah merencanakannya (tendangan itu) sejak awal. Saya tak akan berbohong," ujar pemain berusia 26 tahun itu, di hadapan wartawan, seusai menerima penghargaan Man of the Match (MOTM) laga semifinal.

"Usai pengalaman terakhir saya dalam adu penalti bersama Real Madrid di Liga Champions, orang-orang banyak menyebut bahwa saya tak siap untuk mengemban tugas menendang penalti," katanya lagi. "Tapi saya punya kepercayaan diri, dan saya memang ingin mencobanya lagi," tambah Ramos.

"Itu (tendangan chip) memiliki risiko, tentu saja. Tapi saya telah melihat bagaimana penjaga gawang bergerak, dan saya cukup yakin dia akan bergerak ke salah satu sisi. Itu memang keberuntungan, tapi itu menjadi hal luar biasa bagiku," ujar Ramos pula.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.