Pemerintah Irak Tutup 44 Media Massa

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments


Masalah Izin
Ilustrasi
Ilustrasi (sumber: Istimewa)
Perintah penutupan itu telah disampaikan kepada komando operasi Baghdad

Pihak berwenang Irak telah memerintahkan penutupan 44 media, termasuk BBC dan Voice of America, berkaitan dengan sengketa mengenai izin siaran.

Organisasi lain yang jadi sasaran perintah penutupan, adalah saluran televisi  lokal milik swasta, yakni Sharqiya dan Baghdadia, serta Radio Sawa, yang didanai Amerika Serikat.

Sumber di Komisi Media dan Komunikasi (CMC), badan yang bertanggung jawab atas perintah tersebut, menyatakan tindakan itu tak memiliki kaitan dengan cara media tersebut, melaporkan konflik sektarian di negeri itu.

"CMC mengirim surat peringatan, dan dikatakan mereka harus menutup kegiatan sebab tak membayar (biaya izin mereka)," kata satu sumber di CMC kepada Reuters.

Perintah penutupan itu telah disampaikan kepada komando operasi Baghdad, tambah sumber itu. Ia merujuk kepada kesatuan pelaksana hukum setempat yang akan melakukan penutupan.

"Ini benar-benar keliru dan tak bijaksana sebab itu terjadi saat negeri ini terjerumus ke dalam ketidakpastian politik," kata Ziyad al-Ajili, pemimpin Observatorium Kebebasan Wartawan.

"Kami percaya bahwa keputusan ini bukan politis, tapi dampak negatifnya akan menimpa pemerintah dan merusak reputasi Irak sebagai negara bebas," ia menambahkan.

BBC menyatakan akan merundingkan pembaruan izinnya dengan pemerintah Irak.

"Penundaan terjadi akibat masalah teknis," kata BBC di dalam satu pernyataan.

"Wartawan BBC di Baghdad saat ini tak melakukan pelaporan apa pun dari negeri tersebut, dan penting diketahui bahwa BBC serta organisasi dapat beroperasi secara bebas, dan menyiarkan berita yang independen dan tak memihak kepada pemirsa di Irak dan wilayah yang lebih luas."

Faksi politik utama di Irak  terlibat krisis sejak Desember, dan penentang Perdana Menteri Nuri al-Maliki menuduh pemimpin Syiah, berusaha menghimpun kekuatan dengan mengorbankan mereka.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.