Muhammadiyah: Pemimpin Sekarang Bimbang dan Galau

Minggu, Juni 24, 2012 0 Comments



Ilustrasi
Ilustrasi (sumber: muhammadiyah.or.id)
Ada tujuh kriteria pemimpin bangsa yang ideal.

Organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah melihat kepemimpinan bangsa Indonesia selama ini sering absen ketika diperlukan, lamban, bimbang dan galau dalam mengambil sebuah keputusan. 

"Hal tersebut disebabkan oleh perilaku politik transaksional penggunaan uang dalam mengejar jabatan dan kegagalan parpol dalam melakukan perkaderan dan rekrutmen pemimpin bangsa," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Agung Danarto, ketika membacakan Pokok Pikiran Tanwir Muhammadiyah 2012, di Bandung, Minggu (24/6). 

Agung Danarto menyatakan salah satu pangkal permasalahan bangsa adalah kepemimpinan dan saat ini bangsa Indonesia mengalami sebuah krisis yakni krisis kepemimpinan. 

"Lemahnya kepemimpinan nasional ini berakibat pada buruknya kualitas SDM sebagaimana terindikasi dan peringkat IPM yang dikeluarkan oleh PBB. Terlebih Indeks Negara Gagal 2012 semakin menegaskan bahwa Indonesia menjadi sangat berisiko jadi negara gagal," katanya. 

Dikatakannya, Muhammadiyah memandang perlunya langkah-langkah penyelamatan bangsa melalui penguatan kepemimpinan. 

Untuk itu, kata Agung, bangsa Indonesia memerlukan pemimpin yang memenuhi tujuh syarat. 

"Tujuh syarat tersebut pertama adalah visioner artinya yang memiliki visi yang sesuai dengan cita-cita bangsa nasional para pendiri bangsa," ujarnya. 

Kriteria kedua, kata dia, adalah pemimpin itu harus nasionalis dan humanis yakni yang berkomitmen kebangsaan yang kuat dan kemanusian yang luhur. 

Kriteria ketiga ialah harus mampu membangun solidaritas bangsa yang majemuk. 

"Keempat ialah risk taker atau berani ambil risiko. Kelima decisive atau mampu mengambil keputusan yang cepat, tepat dan tegas," katanya. 

Dikatakannya, kriteria keenam adalah pemecah masalah atau problem solver dan kriteria pemimpin menurut Muhammadiyah ialah morally committed yakni pemimpin yang memiliki integritas moral yang tinggi sehingga tidak korup. 
 

Sumber:Antara
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.