Minuman dari Beras Merah

Kamis, Juni 28, 2012 0 Comments



Beras merah baik untuk kesehatan tubuh
Beras merah baik untuk kesehatan tubuh (sumber: Markuso/Freedigitalphotos)
Bisa dibuat seperti teh dan kopi. 
 
Selain baik untuk dijadikan nasi yang bermanfaat untuk kesehatan, hasil pertanian beras merah ternyata juga bisa diolah menjadi minuman seperti teh dan kopi. Hal ini dilakukan dan dibuktikan di Desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, Bali. 

"Ide membuat teh dan kopi dari beras merah itu muncul karena banyak beras merah yang hancur dan tidak utuh dibuang percuma," kata pembuat teh dan kopi dari beras merah, Grace M. Tarjoto, di Denpasar, hari ini. 

Dia mengatakan, beras merah yang diterima masyarakat adalah beras merah yang masih utuh. 

Insinyur kimia yang kini serius menjadi petani beras merah itu menjelaskan, proses pembuatan teh dan kopi dari beras merah yang dibuat cukup sederhana. 

Beras merah yang tidak utuh dan hancur dikumpulkan untuk kemudian dibersihkan. Kemudian beras merah itu disangrai hingga timbul aroma dan diaduk selama sekitar lima menit. 

Setelah itu beras merah yang telah disangrai kemudian diangkat dan didinginkan untuk selanjutnya dikemas ke dalam plastik. 

Beras merah yang sudah disangrai pun bisa langsung disaring untuk diseduh seperti teh. 

Pembuatan kopi juga menjalani proses serupa. Hanya saja, ditambahkan lima persen kopi arabika sebagai penambah aroma wangi. 

Teh dan kopi dari beras merah, lanjut Grace, ternyata diminati tidak hanya masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan asing yang berkunjung ke kawasan sawah Jatiluwih. 

Mereka sebagian berasal dari Australia, Filipina, Amerika Serikat dan negara asing lainnya. 

"Rasanya manis dengan aroma beras merah yang kental," kata seorang peminat teh beras merah, Deasy. 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.