Lelaki Menopause, Fakta atau Fiksi?

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments



Ilustrasi pasangan tak bergairah.
Ilustrasi pasangan tak bergairah. (sumber: Visualphotos)
Langka terjadi, karena kemungkinan hanya dua persen lelaki yang mengalaminya.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicinemenyebutkan, bahwa lelaki memang bisa mengalami menopause (andropause), tapi itu langka terjadi. Mengapa? Karena kemungkinan hanya dua persen lelaki yang mengalami hal tersebut.

Andropause adalah kondisi lelaki usia tengah baya yang mempunyai gejala-gejala dan keluhan yang mirip dengan menopause pada perempuan. Istilah andropause berasal dari bahasa Yunani, "Andro" artinya lelaki sedangkan "Pause" artinya penghentian. 

Jadi secara harfiah, andropause adalah berhentinya fungsi fisiologis pada lelaki. Berbeda dengan perempuan yang mengalami menopause, dimana produksi ovum dan hormon estrogen serta siklus haid berhenti dengan cara yang relatif mendadak. 

Istilah lelaki menopause sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan “akhir-onset hipogonadisme”, yang mengacu pada penurunan kadar testosteron, penurunan produksi sperma dan hormon lainnya secara perlahan. Kondisi ini tentu saja dapat menyebabkan masalah (gangguan) kesehatan seksual. 

Dalam penelitiannya, sekelompok ilmuwan melihat atau memantau seberapa umum “akhir-onset hipogonadisme” yang terjadi di masyarakat, dan bagaimana gejala tersebut dikaitkan dengan tingkat testosteron.

Para peneliti mengambil sampel darah lebih dari 3.000 lelaki berusia 40-79 tahun. Kemudian mereka mengumpulkan informasi mengenai kesehatan seksual, fisik, dan psikologis. Hasil penelitian menemukan, bahwa tiga gejala majalah seksual dikaitkan dengan tingkat testosteron rendah meliputi disfungsi ereksi, penurunan dari gairah seksual, dan ereksi di pagi hari yang buruk.

Berdasarkan kriteria tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa hanya dua persen lelaki yang memenuhi syarat untuk memiliki kondisi tersebut.

Sekadar ditehaui, kadar testosteron rendah didefinisikan sebagai: kadar testosteron total kurang dari 11 nmol per liter dan kadar testosteron bebas kurang dari 220 pmol per liter.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.