Komisi III Kembali Tuai Kritik, Tolak Gedung Baru KPK

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments



Koordinator Koordinator Divisi Advokasi dan Investigasi Fitra Uchok Sky Khadafi (baju hitam)
Koordinator Koordinator Divisi Advokasi dan Investigasi Fitra Uchok Sky Khadafi (baju hitam) (sumber: Antara Foto)
Komisi III DPR diminta segera mengangkat blokir terhadap anggaran KPK.

Keputusan Komisi III menolak rencana pembangunan gedung baru untuk KPK dikritik sebagai bentuk kurangnya dukungan parlemen terhadap pemberantasan korupsi.

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyatakan berdasarkan Keputusan Presiden 32/2011 tentang Rincian Anggaran Belanja Pemerintah Pusat T.A 2012, alokasi anggaran KPK yang diblokir oleh DPR sebesar Rp70,7 miliar.

Itu terdiri pembebasan tanah sebesar Rp9,7 miliar dan pembangunan gedung KPK sebesar Rp61 miliar. "Dengan dihambatnya pembangunan Gedung KPK ini memperlihatkan Komisi III tidak menginginkan kinerja KPK meningkat untuk pemberantasan Korupsi," kata Koordinator Investigasi Fitra Uchok Sky Khadafi, di Jakarta, hari ini.

Fitra meminta Komisi III DPR segera mengangkat blokir terhadap anggaran pembangunan KPK. Seharusnya tak ada alasan bagi Komisi III DPR untuk begitu membenci KPK.

"Apa karena kerja-kerja KPK selama ini banyak menangkap anggota dewan sendiri? Jangan-jangan blokir ini menandakan Komisi III sedang mengrogoti kinerja KPK yang sedang semangat dalam pemberantasan korupsi," tegas dia.

Seperti diketahui, Komisi III DPR bersikeras tidak mau menyetujui usulan  pembangunan gedung baru KPK. Komisi itu beralasan, KPK sebenarnya tidak perlu gedung baru itu. Selain itu, Komisi III berkilah, penghematan  anggaran negara perlu dilaksanakan sesuai arahan Presiden SBY.

Hal itu memicu protes keras dari para Komisioner KPK, hingga Bambang  Widjojanto menelurkan ancaman bahwa mereka akan mengumpulkan dana  masyarakat untuk pembangunan gedung baru itu.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.