Kebanyakan Berdiam Perpendek Usia Anda

Sabtu, Juni 30, 2012 0 Comments



Menonton tv selama 1 jam, memperpendek usia Anda selama 22 menit.
Menonton tv selama 1 jam, memperpendek usia Anda selama 22 menit. (sumber: gev)
Kurangi waktu duduk akan membuat kita lebih banyak mengurai gula dan lemak dalam tubuh, yang kemudian mengurangi resiko penyakit metabolisme

Menghabiskan terlalu banyak waktu tanpa bergerak seperti menonton televisi atau bekerja di depan komputer kelamaan ternyata bisa membuat umur Anda lebih pendek karena semakin besarnya resiko penyakit jantung dan stroke.

Sebaliknya dengan banyak bergerak setiap hari seperti berjalan atau meleneturkan otot-otot - meski hanya semenit atau dua menit - bisa menangkis penyakit dan memperpanjang usia. Meski idealnya manusia harus berolahraga 150 menit perminggu tetapi ternyata sedikit bergerak saja sudah cukup untuk hidup lebih sehat.

"Orang menonton televisi hampir selama dua jam seahari dan menghabiskan sekitar 60 hingga 70 persen waktu mereka tanpa bergerak," kata Dr. Wilby Williamson pakar kesehatan dan olahraga Inggris.

"Kurangi waktu duduk ... akan membuat kita lebih banyak mengurai gula dan lemak dalam tubuh, yang kemudian mengurangi resiko penyakit metabolisme seperti diabetes dan penyakit jantung," jelas Williamson yang berbicara dalam peluncuran proyek "Fidget", sebuah kampanye kesehatan terbaru di Inggris. 

Sebelumnya sejumlah penelitian menunjukan bahwa terlalu banyak duduk akan mengurangi usia manusia dan memperbesar peluang terkena penyakit jantng serta stroke.

"Resiko penyakit jantung meningkat ketika Anda menonton televisi di atas dua jam sehari. Tetapi jika Anda bisa mengisi waktu nonton dengan lebih aktif maka itu akan lebih bermanfaat," jelas Williamson.

Ia menganjurkan agar acara nonton Tv diselingin dengan aktivitas-aktivitas kecil seperti berjalan, melompat-lompat kecil, atau bahkan menari sambil menunggu tayangan iklan selesai.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.