Jokowi: Warteg Harus Setaraf dengan Restoran

Jumat, Juni 22, 2012 0 Comments



Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).
Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). (sumber: Jakarta Globe)
"Anggapan Warteg sebagai usaha murah meriah dan tidak higienis itu harus dihilangkan. Warung ini melayani semua kalangan untuk mendapatkan makan dengan harga terjangkau. Harga terjangkau bukan berarti Warteg itu murahan."

Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) berharap usaha warung tegal (warteg) menjadi kelompok usaha makanan yang setaraf dengan restoran. 

Warteg, menurutnya, tidak boleh lagi dianggap sebagai kelas bawah yang murah meriah. Sebab, dengan klaim kelompok usaha bawah akan membuat para pengusaha warga tidak akan berkontribusi memberikan pajak untuk daerah. 

"Anggapan Warteg sebagai usaha murah meriah dan tidak higienis itu harus dihilangkan. Warung ini melayani semua kalangan untuk mendapatkan makan dengan harga terjangkau. Harga terjangkau bukan berarti Warteg itu murahan," kata Jokowi usai makan siang di Warteg Firly, Jalan Wedana, Kelurahan Maphar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Ia menjelaskan, untuk menaikkan kelas usaha warteg dapat dilakukan dengan memberikan pembinaan berupa bantuan modal, pembinaan marketing dan pembinaan akan higienitas makanannya.

Pembinaan untuk Warteg ini, kata okowi, diberikan dari segi modal dengan mengerahkan koperasi memberikan pinjaman modal kecil dengan bunga lunak.

"Pinjaman ini nantinya diberikan modal kecil," paparnya. 

Di samping itu, pelakunya diberikan pembinaan di bidang kesehatan makanan dengan mengajarkan cara memajang makanan secara higenis.

"Kalau warteg sudah higenis dan bersih, maka nantinya dapat meraup omzet lebih tinggi," kata Jokowi.

Bila telah memiliki omzet tinggi, maka warteg baru dapat dikenakan pajak. Menyoal besaran omzet warteg dapat dikenakan pajak, para pedagangnya tidak lagi mengalami pendapatan pas-pasan.

"Pajak itu hanya dikenakan restoran. Bukan warung. Warteg itu warung bukan restoran. Kalau sudah jadi restoran baru dimintakan pajak pada mereka," kata Jokowi.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.