Jokowi Peringatkan Warga Tanah Tinggi Akan Bahaya Banjir

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments



Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).
Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). (sumber: Jakarta Globe)
Disini saya ingin memastikan sedimen yang terlalu tinggi dan banyak. Sungai yang katanya ketinggiannya dua meter, 1,5 meternya sudah tertutup oleh sedimen

Calon Gubernur Joko Widodo mengatakan kondisi pemukliman kondisi pemukiman di kawasan Kecamatan Tanah Tinggi, Kelurahan Johar Baru, Jakarta Pusat, tidak seimbang karena sedimen yang terlalu tinggi. 

Kawasan Kecamatan Tanah Tinggi, Kelurahan Johar Baru adalah pemukiman yang padat penduduk yang berbatasan dengan Kali Sentiong. Daerah ini bukan hanya padat penduduk saja, namun juga rentan akan terjadinya banjir akibat aliran sungai yang banyak tertutup oleh sampah.

“Disini saya ingin memastikan sedimen yang terlalu tinggi dan banyak. Sungai yang katanya ketinggiannya dua meter, 1,5 meternya sudah tertutup oleh sedimen,” ujar Jokowi saat berkunjung ke Kec. Tanah Tinggi, hari ini.

Jokowi menilai bahwa terjadinya hal ini dikarenakan tidak pernah adanya pemeliharaan yang rutin oleh pemerintah daerah. “Mestinya kalau ini dipelihara dengan baik, dikeruk setiap tahun, padahal kan anggarannya ada.”

Cara membenahi pemukiman padat ini, lanjut Jokowi, salah satunya adalah dengan memperbaiki tata ruangnya, bukan dengan menggusur.

“Inilah dulu ada yang namanya Proyek Muhammad Husni Thamrin (MHT) yang dibuat oleh Ali Sadikin. Itu bagus, tapi pendekatannya yang harus lebih manusiawi, kalau ada sebuah kawasan kumuh kemudian dijadikan baik, itu baru benar,” katanya.

Dengan manajemen tata kelola keuangan yang benar maka manajemen sistem untuk mengatur tata ruang kota otomatis juga akan menjadi baik, tambahnya.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.