Janji "Reward" Membuat Karyawan Bekerja Lebih Baik

Jumat, Juni 22, 2012 0 Comments



Ilustrasi bonus kerja.
Ilustrasi bonus kerja. (sumber: Blend/Visualphotos)
Butuh realisasi juga, tak sekadar janji semata. 

Karyawan yang diberikan janji reward akan memberi performa kerja lebih baik ketimbang diberi ancaman. Begitu kesimpulan studi yang dilangsungkan di Michigan State University's Broad College of Business, AS.

Karen Sedatole, profesor akunting di universitas tersebut mengatakan, riset ini merupakan kelanjutan dari riset sebelumnya yang mengatakan ancaman penalti akan lebih "mencambuk" pekerja untuk memberi performa lebih baik. 

"Namun, hasil penelitian kami justru mengatakan, 'wortel' atau reward manis jauh lebih efektif untuk membuat karyawan bekerja lebih baik. Dengan kata lain, karyawan merespon janji bonus dengan pekerjaan yang baik," kata Sedatole. 

Para peneliti melakukan serangkaian eksperimen ilmiah untuk mencari tahu tentang respon pekerja terhadap ancaman penalti atau janji reward

"Artinya bagi perusahaan, karyawan-karyawan yang menerima bonus untuk kerja kerasnya akan bekerja lebih keras lagi, meningkatkan produktivitas, dan bahkan bisa melipatgandakan keuntungan. Namun, ini berkait dengan rasa percaya. Tak akan ada artinya bila janjinya ternyata palsu. Sementara itu, ancaman penalti justru bisa membuat karyawan kehilangan kepercayaan terhadap atasan, dan ini bisa membuat karyawan malas bekerja," kata Sedatole. 

Beberapa contoh penalti atau ancaman di dunia bisnis, termasuk pengurangan gaji, pemindahkerjaan, dan sangsi, ataupun aksi indisipliner justru menurunkan performa kerja karyawan.   

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.