Iran Undang SBY Hadiri KTT Non Blok

Jumat, Juni 22, 2012 0 Comments



Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (sumber: EPA)
"Wapres Iran secara khusus datang kemari untuk menyampaikan undangan kepada Bapak Presiden SBY untuk menghadiri konferensi puncak negara-negara Gerakan Non Blok di Tehran akhir Agustus nanti."

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diundang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Non Blok di Teheran, Iran, akhir Agustus nanti.

Undangan itu disampaikan oleh Wakil Presiden Iran, Ebrahim Azizi, kepada Wakil Presiden, Boediono di Istana Wakil Presiden, Jumat (22/6).

"Wapres Iran secara khusus datang kemari untuk menyampaikan undangan kepada Bapak Presiden SBY untuk menghadiri konferensi puncak negara-negara Gerakan Non Blok di Tehran akhir Agustus nanti," ujar Juru bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, Jumat (22/6).

Undangan itu karena Indonesia sebagai salah satu pendiri gerakan Non Blok di masa lalu. "Presiden Iran mengutus beliau secara khusus untuk menyampaikan undangan agar Indonesia hadir mengingat posisi Indonesia yang sangat penting," tutur Yopie.

Selain penyampaian undangan tersebut, Boediono dan Azizi juga membahas hubungan bilateral kedua negara. Pertemuan itu disebut Yopie berlangsung dengan hangat dan bersahabat. Indonesia dan Iran memiliki persamaan budaya dan latar belakang agama. Kedua kesamaan, kata Yopie, menjadi dua modal dasar yang sangat penting yang bisa menjadi dsar hubungan kuat kedua negara.

"Wapres Iran menyampaikan Iran akan menunjuk pejabat-pejabat yang secara khusus bertugas meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia terutama ekonomi dan perdagangan," kata Yopie.

KTT Non Blok ke-16 di Teheran akan diselenggarakan pada 26 hingga 31 Agustus mendatang.

Gerakan Non Blok pertama kali dideklarasikan melalui Deklarasi Havana tahun 1979.

Negara-negara anggota Gerakan ini berjumlah sekitar dua pertiga anggota Persatuan Bangsa-Bansa dan memiliki 55 persen populasi dunia.

Tujuan berdirinya Gerakan Non Blok adalah untuk memastikan kemerdekaan, kedaulatan dan integritas teritori negara-negara Non Blok.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.