IAC: Ucapan Ketua Komisi IX soal ODHA Menyesatkan

Sabtu, Juni 23, 2012 0 Comments



Penderita HIV-AIDS saat melakukan pemeriksaan kesehatan.
Penderita HIV-AIDS saat melakukan pemeriksaan kesehatan. (sumber: AFP)
"HIV tidak bisa ditularkan melalui tusuk gigi seperti yang selama ini sering beredar melalui broadcast message."

Ucapan Ketua Komisi IX DPR, Ribka Ciptaning, tentang pengidap HIV yang menaruh tusuk gigi bekas untuk menularkan HIV disebut menyesatkan masyarakat.

Indonesia AIDS Coalition (IAC), sebuah LSM yang bekerja mempromosikan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam program AIDS, sangat menyesalkan statemen Ribka tersebut.

Apalagi, ucapan itu dikutip oleh beberapa media nasional.

"Hal ini sangat menyesatkan dan tendensius menyudutkan ODHA serta berpotensi menimbulkan stigma dan diskriminasi baru kepada Odha (Orang dengan HIV) di seluruh Indonesia," kata Aditya Wardhana, dari Indonesia AIDS Coalition, melalui rilis, Sabtu (23/6)

Sebagai ketua Komisi DPR di Bidang kesehatan, Ribka disebut seharusnya terlebih dahulu memahami substansi penularan HIV sebelum mengeluarkan statemen yang sifatnya menyesatkan dan bisa merusak iklim penanggulangan AIDS dimana upaya menghilangkan stigma dan diskriminasi kepada Odha menjadi salah satu point kunci keberhasilan.

"HIV tidak bisa ditularkan melalui tusuk gigi seperti yang selama ini sering beredar melalui broadcast message. HIV jika berada di luar tubuh manusia dan berada di dalam udara bebas tidak akan bisa hidup terlalu lama sehingga statement penularan melalui tusuk gigi bekas sangat menyesatkan masyarakat," katanya.

Statemen Ribka yang mengatakan ODHA sengaja menaruh tusuk gigi bekas juga merupakan ucapan yang sangat tendensius menyudutkan ODHA serta sangat stigmatif dan bisa mendatangkan diskriminasi baru kepada ODHA. 
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.