DPT Karut-Marut, Hasil Pemilukada Akan Dipertanyakan

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments



Calon Gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid  bersama  Anggota DPR Adang Daradjatun  dan Dany Anwar (kedua kanan) ketika menggelar kampanye di Gelanggang Olahraga, Mangga Besar, Jakarta. FOTO: ANTARA/Ujang Zaelani
Calon Gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid bersama Anggota DPR Adang Daradjatun dan Dany Anwar (kedua kanan) ketika menggelar kampanye di Gelanggang Olahraga, Mangga Besar, Jakarta. FOTO: ANTARA/Ujang Zaelani
Bila KPU tidak segera memperbaiki DPT yang terindikasi banyak pemilih ganda atau fiktif

Masih carut marutnya data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta pada 2 Juni lalu, masih menimbulkan ketidakpuasan dari beberapa tim sukses (Timses) pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub).

Bila KPU tidak segera memperbaiki DPT yang terindikasi banyak pemilih ganda atau fiktif, maka hasil pemilukada akan dipertanyakan. Bahkan legitimasi gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam pemilukada sangat diragukan kevalidannya.

Ketua Timses pasangan calon Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria, Adhyaksa Dault, mengatakan pihaknya sangat menginginkan pelaksanaan pemilukada DKI 2012 berjalan luber (langsung, umum, bebas dan rahasia). Selain itu, juga tidak ada sesuatu pun yang terselubung yang akan berujung pada kecurangan dan ketidakvalidan terhadap hasil pemilukada kedepan.

“Memang ada indikasi daftar DPT tersebut tidak valid dan akurat. Banyak temuan yang memperlihatkan adanya data pemilih ganda atau fiktif. Kami sesalkan ini, karena akan baerakibat pada ketidakvalidan data. Dampaknya, hasil pemilukada akan negative, dan legitimasi gubernur dan wagub terpilih pun diragukan,” kata Adhyaksa kepada beritasatu.com, hari ini. 

Adhyaksa mengatakan pihaknya akan menempuh jalur hukum jika tidak ada niat baik dari KPU Provinsi DKI Jakarta untuk memperbaiki DPT tersebut.

“Besok sore kami ada pertemuan internal. Kami akan membahas masalah ini untuk menentukan langkah hukum yang harus kami ambil,” kata Adhyaksa.

Ketua Timses pasangan calon Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini, Triwisaksana, menyatakan hasil Pemilukada dan legitimasi calon yang terpilih pasti diragukan, karena DPT masih bermasalah.

“Makanya, kami sudah melaporkan hal ini kepada Polda Metro Jaya, Panwaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Kami minta tiga lembaga ini segera menindaklanjuti laporan kami untuk menyelesaikan masalah DPT sebelum masa kampanye berakhir,” kata pria yang kerap disapa Sani ini.

Sani menegaskan, KPU harus segera memperbaiki DPT yang bermasalah. Karena DPT merupakan kepentingan semua warga Jakarta untuk menjalankan pemilukada yang baik, jujur, adil dan transparan.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.