3 Penyebab Orang Kecanduan Narkoba

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments



Ilustrasi orang kecanduan narkoba.
Ilustrasi orang kecanduan narkoba. (sumber: Designpics/Visualphotos)
Kondisi psikologis, gen, trauma sosial, dan gangguan mental.

Ada beberapa alasan dan faktor yang dapat membuat orang kecanduan narkoba. Dari sekian banyak hal, ada tiga hal yang bisa membuat orang menjadi pecandu narkoba.

Obat adalah jenis yang paling umum dari kecanduan dibandingkan dengan alkohol dan ganja, meskipun ada kecanduan lainnya seperti heroin dan kokain.

Obat jenis ini mengandung zat kimia yang dapat memengaruhi fungsi otak.

Mereka yang kecanduan narkoba kebanyakan merasa seolah-olah telah masuk dalam perangkap sehingga sulit untuk melepaskan diri.

Dan perlu diketahui, bahwa ada faktor-faktor yang dapat berkontribusi untuk membuat orang kecanduan sebagai pelarian, tekanan dari pergaulan, faktor genetika, stres, pengaruh lingkungan dan pola didik dalam keluarga.

Namun dari sekian alasan, ada tiga faktor penting yang paling banyak memengaruhi orang menjadi kecanduan obat. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Alasan Psikologis
Kebanyakan orang yang menggunakan obat (narkoba) awalnya untuk coba-coba atau sekadar mencari kesenangan. Beberapa orang bisa mengendalikan sehingga tak kecanduan. Namun untuk orang yang menggunakannya secara kompulsif dan memiliki kerentanan psikologis, sangat mudah bagi mereka untuk menjadi kecanduan.

Orang yang kecanduan obat-obatan sering berjuang dengan pengalaman emosional yang kuat dan sulit untuk menanganinya. Pengalaman emosional yang paling umum adalah kemarahan, rasa bersalah, sedih, merasa kosong dan kesepian. 

Mereka yang menjadi pecandu menggunakan obat-obatan untuk mematikan emosi, melarikan diri dari rasa sakit dan cara untuk meningkatkan harga diri.

2. Trauma Sosial
Hal ini terkait dengan trauma sosial dan menjadi penyebab penting dari penggunaan narkoba atau kecanduan kompulsif. Trauma sosial dapat melibatkan diri sendiri, budaya dalam keluarga atau sosial.

Namun umumnya disebabkan oleh perilaku seks yang menyimpang, penelantaran emosi, lingkungan keluarga terganggu, kekerasan fisik, kekerasan teroris dan pengasingan.

3. Peran Gen dan Penyakit MentalPenelitian telah menemukan adanya korelasi antara genetika biokimia obat, dan penyakit mental tertentu juga memicu seseorang untuk lebih mudah jatuh dalam kecanduan narkoba. Untuk itu psikoterapi dan motivasi yang meningkat dapat membuat perubahan pada pecandu itu sendiri.

Sebelumnya juga disebutkan, bahwa orang bisa sembuh dari kecanduan obat dengan cinta (hormon oksitosin). Namun ada juga vaksin untuk mencegah kecanduan heroin.
 
KIRIM

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.