Salah satu suasana kafe horor di Brussels
Salah satu suasana kafe horor di Brussels (sumber: tripod.com)
Berwisata kuliner sambil menikmati nuansa menyeramkan.

Di Brussel ternyata ada beberapa banyak kafe, pub dan restoran dengan tema horor. Mungkin bagi para penggemar film horor atau kisah-kisah menyeramkan dan menggemari hal-hal yang berhubungan dengan dunia lain, Brussels merupakan surga bagi Anda untuk berkeliling ke tempat-tempat hang out seperti itu.

Namun bagi Anda yang penakut, lebih baik urungkan niat Anda karena sensasi menyeramkan yang diberikan tempat-tempat hang out itu, benar-benar seperti nyata. Lebih baik nikmati saja keindahan kota Brussels daripada nanti Anda akan terkena serangan jantung.

Berikut adalah kafe, pub dan restoran bertema horor yang ada di Brussels, yang mungkin bisa menjadi daftar kunjungan Anda saat berwisata.


1. Le Cercueil (The Coffin), 12 Rue des Harengs, Brussels

Lokasinya di seberang jalan kecil, sebelah kanan balai kota, Grand Place. 'The Coffin' adalah salah satu bar atau kafe bertema horor tertua di Eropa. Mejanya terbuat dari peti jenazah, sementara gelas yang disajikan dengan minuman bir atau anggur berbentuk tengkorak dari keramik. Sementara minuman koktail terkenal adalah 'La Semence du Demon' atau yang lebih dikenal 'Minuman Sperma Setan'.

Kafe dan Bar ini sudah ada sejak 30 tahun lalu dan mungkin menjadi kafe dan bar tertua di eropa danmungkin juga dunia, dengan konser horor. Di dalamnya sangat temaram dan cenderung gelap dengan armosfer musik klasik dan gothic. Harga bir sangat mahal di tempat ini jika disajikan dengan gelas tengkorak. Tempat ini selalu ramai dikunjungi penggemar cerita horor. Menariknya, setiap tamu harus mengisi sebuah buku tentang pengalaman mengunjungi tempat tersebut. 


2. Comics Trip, disco bar, 61 Rue des Eperonniers

Bar dengan konsep komik-komik menyeramkan ini sudah ditutup dan berganti nama menjadi Death Cafe. Tempat ini memiliki toko buku khusus menjual buku horor (namanya Marlpertuis) dan beberapa butik gothic. Tempat ini memiki banyak pintu dan juga menjual beberapa kartu pos bergambar aneh untuk koleksi.


3. Fantasia Grill (Le Restaurant de l'Etrange), 57 Rue des Bouchers, Brussels

Lokasinya hanya lima menit dari Grand Place. Tempat ini adalah bagian dari jaringan restoran fantasia Grill yang berkembang. Tampaknya tempat ini terinspirasi dari Kafe Halloween, hanya tidak memiliki tempat yang khas seperti Kafe Halloween namun tetap menjadi tempat yang asik untuk hang out, terutama dengan anak-anak Anda. 

Pelayan yang cantik yang berbusana ala penyihir akan siap untuk melayani Anda memesan menu-menu istimewa, sementara pelayan pria berbusana seperti algojo. Ada juga hiasan patung lilin dalam bentuk vampir di meja Anda seakan-akan sedang menonton Anda mengunyah makanan.

Selain menu standar seperti steak dan keripik kentang, Anda juga dapat memesan daging buaya, banteng, ularm zebra, kangguru, burung unta dan kijang. Wow.

Restoran ini juga membuka cabang di 290 Chussee de Bruxelles, Nivelles 1401 dan 628 Chaussee de Nonove, Itterbeek 1701.


4. LA GALERI D'Enfer (The Gallery of Hell) , 16 and 17 Place du Samedi, Brussel 1000 (dekat dengan restoran Sainte Catherine)

'The Gallery of Hell'  adalah perpaduan yang baik antara konsep restoran dan tempat seni atau galeri. Tentu saja apa yang ditampilkan merupakan hal-hal yang menyeramkan serta seni yang erotis. Pemiliknya adalah seorang seniman bernama David P yang juga merupakan koki kenamaan yang selalu memiliki obsesi membuat makanan yang tidak biasa. 

Tempat ini juga sering digunakan untuk pagelaran seni rupa maupun fotografi yang khusus bertema horor atau erotis. Di ruang bawah tanahnya juga terdapat tempat untuk melangsungkan pameran. Terakhir restoran ini menampilkan pameran Lovecraft's 'Herbert West, ReAnimator dan Jack the Ripper. Lokasi restoran ini hanya 10 hingga 15 menit berjalan kaki dari grand Place, 


5. Kafe Halloween ("La Brasserie de l'Etrange"), 10 Rue des Grands Carmes, 1000 Brussels

Ini adalah kafe yang sangat terkenal di Brussels dengan patung-patung mahluk gargoykle dan air mancur serta lukisan imajinatif. Logonya sama seperti ikon Halloween, kepala berbentuk labu. Lukisan-lukisan di dalamnya menyerupai manusia asli dengan janggut yang panjang. Karena itu tidak mengherankan jika sedang minum di dekat lukisan tersebut, seakan-akan lukisan itu ikut minum juga. 

Para pelayannya menggunakan busana biarawati dan vampir perempuan. Minuman yang terkenal adalah 'The Elixir of Bagoum', minuman koktail yang disajikan dalam gelas tengkorak keramik.

Di kafe ini terdapat ruangan yang elegan dengan patung gargoyle di sekelilingnya. Terdapat juga jendela kecil yang membuat Anda dapat melihat vampir perempuan dalam peti mati di bawah tanah. Konsep kafe ini disebut-sebut banyak yang mengikutinya. 

Salah satu yang menarik adalah, pelayan yang akan menagih bayaran Anda adalah seorang dengan busana drakula. Kafe ini buka mulai pukul 4 sore hingga menjelang tengah malam. letaknya sekitar 10 menit berjalan kaki dari Grand Place.


6. La Maison Bis-Art Bizarre, 18 Rue de la Glaciere, Brussel 1060

Tempat ini benar-benar menghembuskan imajinasi Anda terhadap kisah-kisah menyeramkan kaum urban. Tampak mukanya, kafe ini tampak kecil, namun dekorasi dalamnya sangat nyaman untuk anda minum. Harganya pun tidak terlampau mahal. Minuman terkenalnya adalah Pisse du diable (Devil's Piss).

Dengan menambahkan beberapa dolar saja, Anda dapat berkeliling melihat galeri konsep Hounted House untuk dewasa, Ada berbagai macam lukisan aneh dan patung karya seniman Michek Dircken, Michel Souren, David p, Lisette Delooze dan beberapa lainnya. Harga sudah termasuk kunjungan ke dapur dimana hidangan 'daging manusia' disajikan. Teradapat juga dapur pabrik pengalengan yang menjual 'daging manusia' dalam kaleng. Anda dapat membelinya juga. Tapi tentu itu bukanlah daging manusia sungguhan. 

Pesta 'daging manusia' diatur setiap akhir pekan dan acara khusus saat Haloween serta saat pagelaran Brussels International fantasy Film Festival setiap bulan Maret. 


7. Mystical Resto, 57 Rue des Eperonniers 

Ini bukanlah sekedar restoran biasa saja, namun memiliki dekorasi gothic yang terkenal. Restoran ini tergolong restoran murah. 


8. NOVA CINEMA, 3 Rue d'Arenberg, Brussels 1000 

Nova adalah bioskop bawah tanah yang sudah ada sejak Bioskop Arenberg ditutup. Tempat ini kerap memutar film horor danmenyeramkan. Di ruang bawah tanah, sekaligus area bar yang menawarkan minuman dan makanan standar. Anda juga akan menemukan beberapa karya seni yang menyeramkan.

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi meski hanya untuk minum saja, tanpa menyaksikan pemutaran film horor.